INFO RESMI! Bansos BST Rp600 Ribu Segera Cair, Berikut Cara Mendapatkan Uangnya

NKRIKU – Bantuan Sosial (bansos) Penerapan Perbatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat cair pekan ini. Segera akses dengan klik link cekbansos.kemensos.go.id.

Pemerintah resmi menerapkan sistem PPKM Darurat untuk meminimalisir penyebaran positif Covid-19 di Indonesia.

Hal tersebut menyebabkan beberapa sektor terdampak. Oleh sebab itu, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan dana Bantuan Sosial Tunai (BST).

Pihaknya akan kembali menyalurkan dana bansos BST Rp600.000 pada pekan kedua bulan Juli 2021 kepada para keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak.

Sebetulnya, Kemensos menyalurkan dana bansos BST setiap bulan senilai Rp300.000. Namun untuk bulan Mei dan Juni, pihaknya akan menyalurkannya sekaliguS, sehingga dana bansos BST yang akan cair menjadi Rp600.000.

“BST akan disalurkan untuk bulan Mei dan Juni, setelah sebelumnya berhenti di April. Kita berharap pekan ini atau paling lambat pekan depan bansos ini dapat tersalur,” kata Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Kemensos RI.

Penyaluran dana bansos BST Rp600.000 akan diberikan kepada 10 juta KPM yang terdaftar di Data Terpadu kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Warga akan menerima Rp600.000 sekaligus, tapi saya minta jangan diijinkan dan hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja,” kata Risma melanjutkan.

Di tahun 2021, Kemensos melakukan sinkronisasi data penerima bansos BST, karena terdapat data penerima yang ganda.

“Soal data penerima bansos sudah dibersihkan kemarin, tapi ada 3,6 juta yang nyangkut di bank dan tadi sudah di-clearkan dalam rapat,” ujar Mensos Risma.

Beberapa penyebab data penerima yang perlu disinkronkan, salah satunya yakni nama yang tercantum tidak sesuai dengan nama di KTP.

“Di bank itu nama minimal 3 huruf fan tidak berbentuk angka, seperti nama ‘IT’, NA70, namun untuk kesalahan minor lainnya masih dikoordinasikan,” katanya.

Setelah Kemensos melakukan perbaikan data penerima bansos BST Rp600.000 tahun 2021, pihaknya akan secepatnya menyalurkan kepada para KPM yang terdaftar.

“Jadi, mudah-mudahan paling telat bisa direalisasikan pekan kedua bulan ini dan kita usahakan agar semua bisa tersalurkan kepada warga,” ujarnya.

Para KPM bisa segera mengeceknya melalui link cekbansos.kemensos.go.id, untuk mendapatkan uang bansos BST Rp600.000.

Berikut ini cara akses link cekbansos.kemensos.go.id untuk dapatkan Bansos BST Rp600.000 dari Kemensos:

  1. Buka website cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Akan muncul kolom ‘Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial (BST, BPNT, PKH)’.
  3. Pilih provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan.
  4. Masukkan nama sesuai KTP.
  5. Masukkan 4 huruf/angka pada kolom ‘Kode’.
  6. Klik tombol ‘Cari’.***
Comments


EmoticonEmoticon