ALHAMDULILLAH ! Penerima KIP Kuliah Merdeka Tahun 2021 Bakal Terima Uang Kuliah hingga Rp12 Juta

NKRIku.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan KIP Kuliah Merdeka tahun 2021 merupakan penyempurnaan dari KIP Kuliah sebelumnya.

Besaran uang yang disalurkan untuk masing-masing penerima KIP Kuliah Merdeka pun ada peningkatan besarannya. Bahkan untuk program studi dengan akreditasi A besaran uang yang diterima mahasiswa Rp12 juta per semester.

Kemudian, peningkatan biaya hidup yang disesuaikan dengan indeks harga di masing-masing daerah dimana perguruan tinggi berada.

Dengan penyempurnaan itu, kata Nadiem, calon mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu menjadi lebih percaya diri untuk memilih prodi unggulan di perguruan tinggi terbaik, di manapun lokasinya di Indonesia.

Orang tua juga dapat mendorong anaknya melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi dengan dukungan pendanaan dari negara.

“Dengan peningkatan ini, KIP Kuliah memerdekakan calon mahasiswa untuk meraih mimpinya,” tekan Nadiem.

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, khususnya bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu agar bisa kuliah.

Tujuannya, agar para mahasiswa tersebut, setelah lulus kuliah, mampu meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarganya.

“Kita akan memastikan bahwa setiap kita mengeluarkan bantuan bagi mereka, itu akan membantu mereka mendapatkan penghidupan yang lebih baik,” katanya pada Jumat 10 Desember 2021 dikutip dari laman resmi Kemendikbud.

KIP Kuliah Merdeka, lanjut Nadiem, membuka akses siswa beprestasi dari keluarga tidak mampu untuk melanjutkan studi ke berbagai prodi unggulan perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

“Hal itulah yang mendasari Kemendikbudristek untuk meluncurkan KIP Kuliah Merdeka sebagai Merdeka Belajar episode kesembilan,” imbuhnya.(***)

Comments


EmoticonEmoticon