DESEMBER BERKAH! Bansos Sembako BPNT Akan Cair Sampai Akhir Tahun 2021 ke KTP Ini! Buka Aplikasi dan Cek Linknya

NKRIkucom – Bantuan sosial non tunai atau bansos sembako BPNT Rp300 ribu masih berlaku cair hingga akhir bulan Desember 2021 kepada pemegang KTP yang terdaftar di aplikasi dan link Cek Bansos.

Msyarakat pemilik KTP yang terdaftar di aplikasi dan link Cek Bansos adalah pemegang kartu sembako untuk penyaluran bansos sembako BPNT bulan Desember 2021 dari Kemensos non tunai.

Cara mengetahui apakah pemilik KTP terdaftar sebagai penerima bansos sembako BPNT adalah dengan melakukan cek dengan dua cara antara lain dengan cara aplikasi Cek Bansos dan cara link cekbansos.kemensos.go.id.

Apabila masyarakat terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di aplikasi dan link Cek Bansos maka dana bantuan akan segera cair untuk dibelanjakan kebutuhan pokok sehari-hari.

Adapun cara untuk cek masyarakat pemegang KTP penerima bansos sembako BPNT Rp300 ribu adalah sebagai berikut:

Cara Aplikasi Cek Bansos

  1. Download aplikasi Cek Bansos
  2. Buat akun baru atau user ID
  3. Login menggunakan user ID yang sudah diaktivasi dan diverivikasi oleh admin Kemensos
  4. Masukan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Masukan nama lengkap sesuai dengan KTP
  6. Masukan kode verifikasi yang tertera, dan tekan ‘refresh’ jika kode yang muncul kurang jelas
  7. Tekan tombol ‘Cari Data’

Cara Link cekbansos.kemensos.go.id

  1. Buka link online cekbansos.kemensos.go.id
  2. Masukan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Masukan nama lengkap sesuai dengan KTP
  4. Masukan kode verifikasi yang tertera, dan tekan ‘refresh’ jika kode yang muncul kurang jelas
  5. Tekan tombol ‘Cari Data’

Bansos sembako BPNT cair dengan dana Rp300 ribu dalam bentuk saldo belanja kartu sembako yang tidak dapat diuangkan. Pembelanjaan dana bansos sembako BPNT Rp300 ribu hanya dapat dilakukan di warung elektronik.

Masyarakat dapat memaksimalkan dana bansos sembako BPNT Rp300 ribu dengan dibelikan kebutuhan pokok seperti beras atau yang lainnya hingga habis sesuai saldo yang tersedia di kartu sembako.

Masyarakat pemegang KTP penerima bansos sembako BPNT Rp300 ribu adalah masyarakat yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan memenuhi syarat sebagai KPM sesuai dengan kriteria penerima bantuan.

Meski demikian, masyarakat yang masuk data DTKS tidak seluruhnya bisa dapat bansos sembako BPNT. Kemensos menggolongkan penerima bansos sesuai dengan kriteria di masing-masing bantuan.

Syarat penerima bansos sembako BPNT Rp300 ribu yang cair Desember 2021 ini antara lain adalah warga miskin/rentan miskin, bukan merupakan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri, serta tergolong warga terdampak Covid-19.

Masyarakat yang memenuhi syarat akan masuk dalam Daftar Penerima Manfaat (DPM) bansos sembako BPNT Rp300 ribu Kemensos yang disalurkan hingga akhir Desember 2021 mendatang.***

Comments


EmoticonEmoticon