LUAR BIASA! Bansos Tersendat di Jombang, Mensos Risma Sampai-Sampai Turun Tangan Cek Pencairannya

NKRIku.com – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini turun tangan mengecek penyaluran bansos tunai di Jombang yang tersendat.

Persoalan ini terjadi karena banyak penerima bantuan yang berhalangan hadir di lokasi pencairan.

Seperti siang tadi, Risma mendatangi tempat pencairn bansos tunai di kantor Kecamatan Mojoagung, Jombang. Mantan Wali Kota Surabaya ini memandu sejumlah lansia.

Mulai tahap pengecekan administrasi sampai pencairan bantuan.

“Jadi, di Jombang ini yang belum cair masih tinggi. Salah satunya di Kecamatan Mojoagung dan Ngoro itu masih tinggi di atas 1.000 satu kecamatan. Makanya saya turun karena masih tinggi jumlah yang belum cair,” kata Risma kepada wartawan di lokasi, Minggu (6/2/2022).

Bansos tunai yang dicairkan kali ini untuk periode Juli-Desember 2021. Masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) menerima Rp 200.000 per bulan.

Sehingga, hari ini mereka menerima Rp 1,2 juta sekaligus. Total penerima bansos ini di Kota Santri mencapai 13.105 KPM.

Risma menjelaskan masih rendahnya pencairan bansos tunai di Mojoagung dan Ngoro karena banyak KPM yang berhalangan hadir.

Oleh sebab itu, ia meminta pihak bank penyalur bersedia jemput bola.

“Nah, kami maksimalkan sampai pertengahan bulan ini (Februari 2022) mudah-mudahan bisa tuntas. Nanti kalau yang endak bisa datang, kami sudah komunikasi dengan bank untuk bank mendatangi penerima manfaat,” terangnya.

Tidak hanya di Jombang, lanjut Risma, pencairan bansos tunai di daerah-daerah lain di tanah air juga tersendat.

Rata-rata di setiap daerah tingkat bansos tunai yang belum cair mencapai 15-20 persen. Ia menargetkan penyaluran bansos tuntas pertengahan bulan ini.

“Tidak mudah mendatangkan lansia seperti ini, enggak mudah memang. Jadi, sebagian besar yang belum terealisasi lansia dan sakit. Jadi, memang harus proaktif. Kalau dikumpulkan hanya satu di kabupaten, berat, jaraknya cukup jauh, itu semakin sulit. Makanya ada di kecamatan di kelurahan,” tandas Risma.(***)

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul Mensos Risma Turun Tangan Cek Pencairan Bansos Tersendat di Jombang

Comments


EmoticonEmoticon