TEGAS! Risma Minta Bank Salurkan Bansos Langsung ke Rumah, Bulan Ini Harus Kelar

NKRIku.com – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meminta bank penyalur bantuan sosial (bansos) jemput bola alias door to door mendatangi keluarga penerima manfaat (KPM). Dirinya meminta penyaluran tuntas pada pertengahan Februari ini.

Risma mengatakan ada keterbatasan kelompok lanjut usia hingga penyandang disabilitas untuk tersalur bansos. Pasalnya mereka tidak mudah jika harus datang ke kantor bank.

“Kalau harus mengumpulkan lansia, penyandang disabilitas atau yang sakit, di satu tempat di kabupaten, ya berat. Makanya bank saya minta untuk bergerak door to door mendatangi KPM,” kata Risma dalam keterangan tertulis, Senin (7/2/2022).

Risma telah meninjau percepatan pencairan bansos di sejumlah lokasi di Kabupaten Jombang pada Minggu (6/2).

Titik kunjungannya adalah di Kantor Kecamatan Tembelang, Kantor Kecamatan Mojoagung, dan Kantor Kecamatan Ngoro.

Pencairan bansos yang dilakukan adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako Reguler, BPNT/Kartu Sembako PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Di Kabupaten Jombang, cukup banyak KPM yang disebut belum melakukan transaksi.

Risma menyebut di sejumlah daerah, bansos yang belum salur berkisar 15-20%. Dari 21 kecamatan di Kabupaten Jombang, total KPM BPNT/Kartu Sembako yang belum transaksi mencapai 13.105 Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan sebanyak 8.825 KPM belum menerima bantuan.

Di Kabupaten Jombang, terdapat empat kecamatan di mana angka bansos yang belum cair di atas 1.000 KPM, yakni Kecamatan Bareng, Kecamatan Mojowarno, Kecamatan Mojoagung, dan Kecamatan Ngoro.

Dari penjelasan petugas terkait, penyebab tingginya angka bansos yang belum cair bisa bermacam-macam.

Untuk itu, Risma meminta dukungan semua pihak termasuk pemda menggunakan berbagai fasilitas yang memungkinkan salur bansos mendekati lokasi tinggal KPM.

Apakah itu Kantor Camat, Kantor Desa/Lurah, atau fasilitas lain yang memungkinkan.

Risma menekankan pentingnya peran pendamping sosial dalam mengakselerasi salur bansos.

Sebagai garda depan dalam membantu memastikan program untuk masyarakat prasejahtera berjalan dengan baik.

Dalam kaitannya dengan percepatan salur bansos, Risma meminta pendamping juga meningkatkan inisiatif dan membantu memastikan percepatan salur bansos.(***)

Artikel ini telah tayang di finance.detik.com dengan judul Risma Minta Bank Salurkan Bansos Langsung ke Rumah, Bulan Ini Harus Kelar!

Comments


EmoticonEmoticon