Agar Tak Pikun di Usia Senja, Coba Ibu Sajikan Minuman Air Rebusan Bumbu Dapur Ini Secara Berkala

NKRIku.com – Otak Anda adalah organ tubuh yang memiliki peran besar dalam kehidupan.

Ini merupakan pusat kendali tubuh Anda terhadap banyak tugas dalam tubuh.

Seperti menjaga detak jantung dan pernapasan paru-paru Anda dan memungkinkan Anda untuk bergerak, merasakan, dan berpikir.

Dengan demikian, penting untuk selalu menjaga otak Anda dalam kondisi kerja yang baik.

Namun, seiring pertambahan usia, otak akan mengalami penurunan kinerja dan mulai lemah.

Penyakit penurunan memori atau ingatan akan terjadi dan banyak diderita lebih awal karena gaya hidup yang tidak sehat dan beragam penyakit.

Oleh sebab itu, sejak dini perlu memberikan asupan yang baik agar otak bisa sehat.

Salah satunya mengonsumsi bumbu dan rempah dapur yang sudah diketahui efektif untuk meningkatkan kesehatan otak dan mencegah pikun.

Lihat berikut ini bahan apa saja yang bisa dikonsumsi mulai sekarang.

Bumbu dan Rempah untuk Kesehatan Otak

Dilansir dari amenclinics, menurut International Journal of Preventive Medicine, ada semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa rempah-rempah dapat mencegah atau bahkan menghentikan gangguan neurodegeneratif yang biasa terlihat pada penuaan, seperti penyakit Alzheimer.

Berikut adalah 9 herbal dan rempah-rempah yang memiliki bukti ilmiah kuat yang menunjukkan sifat neuroprotektif dan meningkatkan memori.

  1. Kayu Manis

Bumbu manis / gurih telah ditemukan untuk meningkatkan memori kerja pada orang dewasa yang lebih tua.

Pada orang yang pradiabetes ini sambil meningkatkan aliran darah ke korteks prefrontal.

Ini juga telah terbukti menghambat agregasi tau (kusut terlihat pada penyakit Alzheimer) dan untuk menurunkan kolesterol, glukosa puasa, dan kadar HbA1c dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Cara sehat untuk menyajikannya taburkan 1 sendok teh kayu manis dalam minuman pagi Anda untuk cara yang sehat bagi otak untuk memulai hari Anda.

  1. Kurkumin (Kunyit)

Campuran polifenol dari akar kunyit yang digunakan dalam kuah masakan, kurkumin mengandung setidaknya tiga kurkuminoid yang telah terbukti mengurangi plak dan peradangan beta-amiloid.

Dalam studi double-blind, terkontrol plasebo, persiapan kurkumin khusus dengan peningkatan penyerapan (Longvida) meningkatkan memori dan perhatian setelah hanya 1 jam.

Setelah 4 minggu, memori kerja, tingkat energi, ketenangan dan kepuasan (sebagai ukuran suasana hati) dan bahkan kelelahan yang disebabkan oleh tekanan psikologis semuanya meningkat secara signifikan.

Cara sehat untuk menyajikannya taburkan 1-2 sendok teh bumbu kunyit dalam sup, rebusan, atau kari.

  1. Jahe

Sebagai agen anti-inflamasi, jahe dapat melindungi terhadap penyakit neurodegeneratif dan mengurangi stres oksidatif yang menyebabkan sel-sel otak menua dan mati.

Jahe juga mengandung agen antiemetik alami untuk membantu mengurangi mual dan muntah.

Hal ini juga diyakini untuk membantu menurunkan kolesterol.

Cara sehat untuk menyajikannya parut tiga sendok teh akar jahe segar, masukkan ke dalam satu cangkir air matang, tutup dan didihkan selama 10 hingga 15 menit. Saring sebelum diminum.

  1. Pala

Bumbu aromatik ini mengandung miristisin, yang membantu mencegah pembentukan plak beta-amiloid (plak yang terlihat pada penyakit Alzheimer).

Ini juga mengandung eugenol, senyawa yang dianggap sebagai pelindung jantung.

Cara sehat untuk menyajikannya gunakan untuk menambahkan sentuhan lezat pada rebusan daging atau makanan lain.

Artikel ini telah tayang di sajiansedap.grid.id dengan judul Jauh-jauh dari Pikun di Usia Senja, Modalnya Cuma Minum Air Rebusan Bumbu Dapur Ini Mulai Sekarang, Bakal Bahagia Disayang Sekeluarga

Comments


EmoticonEmoticon