Jadwal BPNT Cair Bulan Maret Hanya Sampai Besok! Cek Status Bansos Sembako di Sini, Diambil di Kantor Pos

NKRIku.com – Simak jadwal BPNT yang cair sampai tanggal berikut di bulan Maret beserta link cek status lolos bansos Sembako hingga informasi pengambilan bantuan di Kantor Pos.

BPNT akhirnya cair sejak tanggal 21 Februari 2022 lalu. Agar bantuan berjalan cepat, pemerintah menargetkan program dengan nama lain bansos Sembako itu rampung tanggal 3 Maret 2022.

Percepatan salur bansos ini merupakan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo, tak terkecuali bansos Sembako/BPNT.

Muhadjir Effendy yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), menyampaikan kabar baik tentang distribusi bansos.

“Untuk bansos lancar. Rata-rata sudah mencapai di atas 30 persen. Diharapkan 3 Maret nanti kelar, semua sudah tersalurkan,” kata Muhadjir Effendy saat peninjauan penyaluran bansos di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, dikutip dari ANTARA NEWS, Jumat 25 Februari 2022.

Selain itu ia mengharapkan pemerintah daerah dan pihak penyalur turut membantu percepatan penyaluran bansos di awal tahun 2022 ini seperti halnya di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

“Tadi dari PT Pos menjanjikan paling lambat tanggal 3 Maret semua bantuan, baik BPNT atau Sembako di Kabupaten Tegal ini akan selesai. Sesuai dengan perintah Presiden agar dipercepat, sehingga awal Maret semua warga yang membutuhkan sudah mendapatkan bansos,” lanjut Muhadjir.

Sementara itu, Kemensos juga memastikan bantuan Sembako untuk periode ini cair Rp600 ribu karena hasil rapel tiga bulan pertama, yaitu Januari, Februari, dan Maret.

Adapun mekanisme penyaluran dilakukan secara transfer agar bantuan cepat sampai kepada KPM yang membutuhkan sebagaimana yang disampaikan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini.

“Untuk percepatan penyaluran bantuan, untuk triwulan pertama kami melakukan transfer langsung,” kata Mensos Risma, dikutip dari ANTARA NEWS, Sabtu, 19 Februari 2022.

Sedianya BPNT cair Rp200 ribu per bulan dan bantuan hanya bisa digunakan untuk membeli kebutuhan pokok di e-warong yang sudah bekerjasama dengan Bank.

Tautan/link cara cek status bansos Sembako/BPNT

Masyarakat hanya perlu menyiapkan HP yang terkoneksi dengan sambungan internet untuk melakukan cek penerima Sembako.

Sebagai informasi link berikut dapat diakses 24 jam penuh. Nantinya publik memasukkan alamat domisili dan nama sesuai KTP.

  • Buka pencarian Google
  • Ketik ‘cekbansos.kemensos.go.id’ (klik DI SINI)
  • Pilih Provinsi
  • Pilih Kabupaten/Kota
  • Pilih Kecamatan
  • Piliih Desa
  • Ketik nama sesuai KTP
  • Masukkan kode unik yang tertera
  • Klik ‘CARI DATA’

Biarkan sistem meproses hingga selesai, maka akan muncul status lolos bansos Sembako di mana dana bantuan BPNT bisa diambil di Kantor Pos sesuai instruksi dari pemerintah.

Demikian jadwal bansos Sembako yang cair sampai tanggal 3 Maret 2022 beserta link dan cara untuk mengetahui status lolos BPNT.***

Artikel ini telah tayang di beritadiy.pikiran-rakyat.com dengan judul Jadwal BPNT Cair Bulan Maret Hanya Sampai Besok! Cek Status Bansos Sembako di Sini, Diambil di Kantor Pos

Comments


EmoticonEmoticon