Pastikan Penyaluran Baik, Pj Sekda Trenggalek: Diserahkan ke KPM Untuk Dibelikan Kemana Saja atau Ke Agen

NKRiku.com – Ingin memastikan penyaluran bansos berjalan dengan baik, Penjabat (PJ) Sekda Trenggalek, Andriyanto, SH., M.Kes., meninjau penyaluran Bantuan Sosial Pangan (BSP) di Desa Sambirejo, Kecamatan Trenggalek dengan didampingi Plt. Kepala Dinas Sosial, PPPA Kabupaten Trenggalek, Drs. Habib Solehudin.

Hari ini bersama tim yang mendapinginya, PJ Sekda Trenggalek mengamati penyaluran bantuan sosial pangan pada sesi kedua periode 1 desa Sambirejo Kecamatan Trenggalek.

“Saya amati, untuk memastikan apakah uang yang dikeluarkan bantuan tunai oleh PT. Pos Indonesia itu sampai sasaran dan dengan jumlah yang juga tepat. Sedangkan mekanismenya harus dibelikan bahan pangan dan itu diserahkan sepenuhnya kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk membelikan terserah kemana saja baik toko maupun agen,” terang Pj. Sekda yang juga menjabat Staf Ahli Gubernur Jatim itu.

Lanjut PJ Sekda menyampaikan, dilihatnya betul ada sosialisasi dari pihak desa maupun kecamatan terkait mekanisme penyaluran hingga pembelian bahan pangan.

Yang kemudian nantinya dibuktikan dalam bentuk nota kemudian nota diserahkan kepada desa.

“Jadi ini mekanisme yang harus kita lakukan dan saya melihat mekanisme penyaluran di Desa Sambirejo ini bagus,” tutup pria yang juga menjadi Dosen Pasca Sarjana Universitas Airlangga itu, Rabu (2/3/2022).

Sementara itu, menurut Kepala Kantor Pos Trenggalek, Rian, total KPM Kabupaten Trenggalek di tahun 2022, sekitar 83.650 KPM. Dan Penyaluran Bantuan Sosial Pangan (BSP) di Trenggalek memasuki sesi 2.

Sesi pertama ada sebanyak 35 ribu keluarga penerima manfaat. Kemudian ada penambahan sehingga totalnya mencapai 83 ribu KPM. Untuk sesi 2 ini, BSP itu tersisa 49.512 KPM yang belum dan sedang proses disalurkan.

“Batch 1 hingga Batch 4 ini sejumlah 83.650 KPM dan untuk Batch 2 hingga Batch 4 sedang kita salurkan sekarang hingga 5 Maret nanti,” tandas Rian menerangkan. (***)

Artikel ini telah tayang di petisi.co dengan judul Pj Sekda Trenggalek Tinjau Penyaluran Bansos Pangan, Ingin Pastikan Penyaluran Berjalan dengan Baik

Comments


EmoticonEmoticon