KASIHAN! Kisah Pilu Warga Desa Ini Harus Sabar, Dana BLT Tak Cair 6 Bulan, Warga Desa Mengadu Ke Bupati

NKRIku.com – Masyarakat Desa Paduraksa Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat Sumatera Selatan menggelar demonstrasi mempertanyakan dana BLT yang tidak cair selama enam bulan.

Para masyarakat mendatangi Halaman Pemda Lahat dengan menuntut Kades Paduraksa untuk menyalurkan bantuan dana desa tersebut.

Koordinator Aksi, Nata mengatakan warga meminta agar Pemerintah Desa agar menyalurkan bantuan yang sudah enam bulan terakhir tidak cair, yakni dari bulan Januari hingga Juni 2022.

“Kami mendesak Kades untuk segera mencairkan BLT kepada 83 KPM, karena hingga saat ini BLT Dana Desa Paduraksa belum cair,” katanya melansir Sumselupdate.com-jaringan Suara.com.

Pihaknya ingin agar fungsi pengawasan dari Pemda Lahat, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), dilakukan sehingga tidak ada terjadi keterlambatan penyaluran nya.

“Fungsi pengawasannya harusnya dilakukan oleh Pemda, agar tidak terjadi hal seperti ini, kalau sudah seperti ini, kasian masyarakat yang harusnya mendapatkan BLT, hingga saat ini belum, padahal dana desa susah cair,” ujarnya.

Menurut keterangan Ari Efendi, Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan DPMD Lahat, pihaknya sudah menyalurkan Dana Desa dari Januari hingga Maret 2022.

“Sudah dicairkan dana desanya, kami sebagai fungsi penyaluran dana desa saja, kalau BLT itu wewenangnya ada di pemerintah desa. Sudah dicairkan tiga bulan. Kalau ada yang belum dapat BLT, kami sarankan mereka adakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus), bersama masyarakat, untuk membahas mengenai hal ini,” pungkasnya.(***)

Artikel ini telah tayang di sumsel.suara.com dengan judul Dana BLT Tak Cair 6 Bulan, Warga Desa Paduraksa Demonstrasi ke Bupati Lahat

Comments


EmoticonEmoticon