JANGAN SAMPAI LEWAT! Cek Daftar Penerima Bansos di cekbansos.kemensos.go.id, PKH dan BPNT Cair

NKRIku.com – Segera lakukan cek daftar penerima bansos Kementerian Sosial (Kemensos) yang masih cair secara online melalui cekbansos.kemensos.go.id.

Adapun bansos Kemensos yang masih cair dan bisa dicek daftar penerimanya adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

Nama-nama yang telah terdaftar di DTKS berpeluang muncul saat cek daftar penerima yang nanti bakal mendapat beragam manfaat dari PKH dan BPNT.

Cara cek daftar penerima PKH dan BPNT dari Kemensos hanya memerlukan KTP serta HP sebagai alat melakukan pengecekan. Simak langkah selengkapnya.

Tata Cara Cek Daftar Penerima

  1. Siapkan KTP dan HP
  2. Akses cekbansos.kemensos.go.id menggunakan browser HP
  3. Kemudian masukan alamat lengkap di menu “WILAYAH PM” berupa
  • Nama Provinsi sesuai KTP
  • Nama Kabupaten/Kota sesuai KTP
  • Nama Kecamatan sesuai KTP
  • Nama Desa/Kelurahan sesuai KTP
  1. Lalu masukkan nama penerima manfaat (PM) secara lengkap sesuai KTP
  2. Masukkan 8 huruf kode yang ada di kotak kode
  3. Terakhir, klik tombol “CARI DATA” untuk mulai pencarian.

Seperti diketahui, PKH dan BPNT merupakan dua bansos Kemensos yang berbeda, dimana satu dicairkan dalam bentuk non-tunai dan satu lainnya berupa uang tunai.

Besaran manfaatnya pun berbeda, penerima BPNT akan mendapat senilai Rp200.000 per bulan. Sedangkan PKH tergantung dengan kategori yang dipilih.

Adapun kategori yang terdapat dalam PKH berjumlah 7, di antaranya ibu hamil, balita, anak sekolah (SD, SMP, dan SMA), lansia, dan penyandang disabilitas.

Dari ketujuh kategori tersebut, ibu hamil dan balita akan mendapat bansos PKH terbesar yakni Rp750.000. Sementara yang terkecil adalah anak sekolah untuk jenjang SD Rp225.000.***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul Cek Daftar Penerima Bansos Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id, PKH dan BPNT Masih Cair

Comments


EmoticonEmoticon