ASYIK! Ini 3 Daftar Bansos Yang Cair Bulan Ini, Cek Segera Disini dan Jangan Sampai Terlambat

NKRIku.com – Artikel ini akan mengulas cara login cekbansos.kemensos.go.id untuk cek penerima bansos Kementerian Sosial (Kemensos), seperti PKH, BPNT, dan BLT BBM.

Seperti diketahui, Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan BLT BBM kepada keluarga penerima manfaat (KPM) bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Pencairan bansos PKH, BPNT, dan BLT BBM sudah dilakukan sejak tanggal 31 Agustus dan berakhir 30 September 2022 mendatang.

Masyarakat bisa login cekbansos.kemensos.go.id untuk mengetahui nama dan status penerimaan bansos PKH, BPNT, dan BLT BBM tersebut.

Simak tata cara login cekbansos.kemensos.go.id untuk cek bansos Kemensos berikut ini.

Cara Cek Bansos Kemensos 2022

  1. Buka browser handphone(HP) dan login situs cekbansos.kemensos.go.id
  2. Pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan sesuai KTP
  3. Kemudian ketik nama lengkap sesuai yang tertera di KTP
  4. Ketik huruf kode pada kotak captcha
  5. Jika huruf kode tidak jelas, segera refresh agar mendapatkan huruf kode baru
  6. Terakhir klik ‘Cari Data’.

Apabila data KTP sinkron dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos, akan muncul pemberitahuan bahwa Anda termasuk penerima bansos Kemensos.

Pemberitahun tersebut meliputi nama, umur, jenis bansos, periode pencairan, hingga keterangan ‘Ya’ sebagai penerima bansos PKH, BPNT, dan BLT BBM. Selanjutnya, pencairan bansos Kemensos sudah dapat dilakukan KPM.

PKH saat ini memasuki pencairan tahap 3 dari 4 tahap. Dananya bisa ditarik secara tunai melalui rekening bank-bank Himbara dan BSI masing-masing KPM.

Nominal bansos PKH disesuaikan dengan kategori penerima, dengan nominal tertinggi hingga Rp750.000 untuk kategori ibu hamil dan balita.

Berbeda dengan bansos PKH, BPNT atau Kartu Sembako cair senilai Rp200.000 kepada satu kategori KPM.

Pencairannya dilakukan lewat Kantor Pos dengan membawa KTP, KK, dan surat pengantar dari RT/RW.

Dana BPNT juga bisa disalurkan melalui saldo akun elektronik untuk dibelanjakan bahan sembako, seperti beras, minyak goreng dan lain-lain.

BLT BBM disalurkan senilai Rp600.000, tetapi cair dua kali pada bulan September dan Desember 2022 senilai Rp300.000.

Dana BLT BBM dicairkan PT. Pos Indonesia. KPM bisa mengambil bantuan ini langsung di Kantor Pos, RT/RW, kelurahan, kecamatan.

Untuk KPM kategori disabilitas lansia, berdomisili di daerah 3 T (Terdepan, Tertinggal, dan Terluar), dana BLT BBM akan diantar langsung petugas Kantor Pos.

Sebagai informasi, selain cek status penerimaan bansos Kemensos dengan login cekbansos.kemensos.go.id, KPM bisa juga cek lewat Aplikasi Cek Bansos.

Apabila kesulitan cek online, KPM bisa cek langsung melalui kader di wilayah RT/RW setempat untuk informasi penerimaan bansos PKH, BPNT dan BLT BBM bulan September 2022.***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul Cek Bansos Kemensos 2022 dengan Login cekbansos.kemensos.go.id karena PKH, BPNT, BLT BBM Cair Bulan Ini

Comments


EmoticonEmoticon