SUDAH DAPAT? Siap-Siap BLT BBM Tahap 2 Akan Segera Cair, Cek Daftar Penerimanya di Sini

NKRIku.com – Pemerintah saat ini telah menginstruksikan bahwa bantuan sosial (bansos) seperti BLT BBM tahap 2 dan BPNT akan cair lagi di bulan November 2022.

Oleh karena itu, persiapkan diri kalian dan cek segera daftar penerima bansos tersebut melalui link pada artikel kali ini.

Adapun cara untuk mengecek status penerima bansos seperti BLT BBM 2022 dan BPNT, kalian bisa kunjungi situs Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id.

Seperti diketahui, pemerintah sendiri telah memastikan akan kembali menyalurkan BLT BBM tahap 2 di bulan November 2022 ini.

Dikutip PikiranRakyat-Depok.com dari situs resmi Kementerian Keuangan, Bantuan Langsung Tunai Pengalihan Subsidi Bahan Bakar Minyak atau disebut BLT BBM, akan disalurkan melalui dua tahap.

BLT BBM tahap 1 telah tersalurkan untuk dua bulan yaitu September dan Oktober 2022, sehingga masing-masing KPM menerima total Rp300 ribu secara tunai.

Sementara itu, terkait penyaluran BLT BBM tahap 2 direncanakan akan disampaikan pada bulan November 2022.

Penyaluran tersebut diketahui merupakan penyampaian BLT BBM untuk bulan November dan Desember 2022.

“September-Oktober ini sudah disalurkan sebanyak Rp300 ribu per keluarga. Nanti Bulan November akan disalurkan yang kedua Rp300 ribu lagi,” kata Isa Rachmatarwata, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan.

“Jadi totalnya sampai dengan akhir tahun ini Rp600 ribu untuk penerimanya tadi 20,65 juta KPM,” katanya menambahkan.

Selain itu, terkait Bantuan Pangan Non-Tunai atau BPNT, penyalurannya akan tetap dilaksanakan setiap bulan.

Namun, jika dilihat dari jadwal pencairan BPNT di bulan sebelumnya, kemungkinan besar bantuan ini akan cair lagi mulai tanggal 1 hingga 30 November 2022.

Hal itu tergantung dari kesiapan pemerintah daerah di masing-masing lokasi para penerima bansos BPNT 2022.

Lantas, bagaimana cara cek status penerima bansos BLT BBM tahap 2 dan BPNT 2022?

Dirangkum PikiranRakyat-Depok.com dari situs cekbansos.kemensos.go.id, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan terkait cara cek penerima bansos 2022.

  1. Buka situs cekbansos.kemensos.go.id, kemudian login untuk melakukan cek bansos yang cair di bulan November 2022;
  2. Isikan formulir data pribadi penerima bansos, seperti alamat lengkap hingga nama penerima BPNT, sesuai dengan KTP asli;
  3. Isi juga alamat provinsi sesuai dengan domisili yang tertulis di KTP milik penerima;
  4. Masukkan alamat kabupaten atau kota tempat tinggal, beserta alamat kecamatan atau kelurahan sesuai domisili di KTP milik penerima;
  5. Masukkan keterangan nama lengkap sesuai nama asli di KTP;
  6. Input kode OTP yang sesuai pada kolom website Cek Bansos;
  7. Klik menu ‘Cari Data’ untuk melakukan pengecekan bansos dari Kemensos 2022.

Jika usulan diterima, maka akan terdapat pemberitahuan serta status pencairan bantuan di situs tersebut.

Calon penerima bisa melakukan pengecekan secara berkala melalui situs cekbansos.kemensos.go.id atau melalui Aplikasi Cek Bansos.***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul Siap-siap! BLT BBM Tahap 2 dan BPNT akan Cair Lagi Bulan November 2022, Segera Cek Daftar Penerimanya di Sini

Comments


EmoticonEmoticon