JANGAN SAMPAI LUPA! Ini Dia Cek 6 Bansos Kemensos Cair 2023, Penerima Capai 78 Juta

NKRIku.com – Hore! 6 bansos Kemensos ini akan cair pada tahun 2023, total penerima bantuan diduga capai 78 juta.

Kementerian Sosial (Kemensos) tiap tahunnya telah menyalurkan berbagai macam program bantuan dengan skema beberapa tahapan.

Tahun 2023 tercatat akan ada penerima bansos total capai 78 juta melalui 6 program bansos Kemensos. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

Mengutip dari channel YouTube PKH Reportase, Pemerintah melalui Kemensos akan menggelontorkan dana sebesar 479,1 triliun untuk bansos.

Besarnya anggaran tersebut, diharapkan dapat meringankan beban keluarga kurang mampu dan memiliki resiko sosial rentan miskin.

Isa Rachmatarwata selaku Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan berharap, adanya bansos ini dapat tersalurkan dengan tepat dan baik.

Dirinya menuturkan bahwa anggaran sebesar 479,1 triliun tersebut akan disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan melalui berbagai program perlindungan sosial atau bansos.

Berikut 6 program bansos Kemensos yang akan disalurkan pada 2023:

  1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Program bansos ini ditargetkan untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM),

  1. Program Kartu Sembako

Penerimanya capai 18,8 juta KPM

  1. Program Kartu Prakerja tersedia bagi 500 ribu peserta pelatihan
  2. Subsidi Listrik bagi sebanyak 40,7 juta pengguna
  3. Subsidi LPG 3 Kg sebanyak 8 juta, dan
  4. Subsidi Bantuan Uang Muka Perumahan capai 220 ribu unit rumah.

Apabila ditotal, maka jumlah penerima bansos Kemensos dari 6 program yang disebutkan sebanyak lebih dari 78 juta.

Adapun di akhir tahun 2022 ini masih terdapat penyaluran bansos dalam tahap terakhir bagi Keluarga Penerima Manfaat (PKM).

Sebagai tambahan informasi, anggaran bansos Kemensos pada tahun mendatang mengalami penurunan.

Jika tahun 2022 anggarannya mencapai 502,6 triliun, di tahun 2023 mendatang turun 23,5 triliun menjadi 479,1 triliun.

Sementara itu, pada tahun mendatang juga terdapat kabar bahwa penerima PKH dan BPNT dibawah umur 40 tahun akan dihapuskan.

“Data warga miskin yang memiliki usia dibawah 40 tahun dalam bantuan sosial atau bansos regular yakni bansos PKH dan BPNT akan dihapus,” kata Mensos Rima.

Nantinya akan ada pelatihan bertajuk “Program Kewirausahaan Sosial” sebagai bentuk program pengganti penerima PKH dan BPNT yang dihapus.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai bansos yang akan cair =, maka diharap bersabar guna menunggu informasi resmi dari pemerintah pusat.***

Artikel ini telah tayang di ayobandung.com dengan judul Hore! Cek 6 Bansos Kemensos Cair 2023, Total Penerima Capai 78 Juta

Comments


EmoticonEmoticon