MOHON MAAF! Tahun 2023 Penerima Bansos Hanya Golongan Ini Saja, Cek Infonya di Sini

NKRIku.com – Kementrian Sosial (Kemensos) telah menyalurkan bantuan Program Pemberian Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) terakhir di tahun 2022 yaitu pada bulan Desember.

Bantuan PKH tahap 4 ini juga disalurkan bersamaan dengan bantuan sembako BPNT periode bulan Oktober, November, dan Desember serta BLT BBM tahap kedua.

Dikutip AyoJakarta.com melalui akun YouTube PKH Reportase, pemerintah akan menyiapkan anggaran sebesar 479,1 triliun untuk perlindungan sosial (perlinsos) pada tahun 2023.

Anggaran ini diharapkan akan dapat meringankan beban keluarga miskin dan keluarga rentan miskin atas terjadinya resiko sosial.

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata berharap bantuan tersebut dapat tersalurkan dengan baik.

Isa menuturkan Anggaran perlinsos sebesar 479,1 triliun tersebut akan disalurkan ke beberapa program.

Program perlinsos ini diantaranya PKH, untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), program Kartu Sembako bagi 18,8 juta KPM, program Kartu Pra Kerja bagi 500 ribu peserta.

Selain itu juga digunakan untuk subsidi listrik sebesar 40,7 juta pelanggan, subsidi LPG 3 Kg 8 juta mt dan subsidi bantuan uang muka perumahan sebesar 220 ribu unit rumah.

Perlu diketahui bahwa anggaran perlinsos pada tahun 2023 turun sebanyak 23,5 triliun dibandingkan 23,5 triliun dibandingkan dengan tahun 2022 sebesar 502,6 triliun.

Melalui pemaparan Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, memberikan kejelasan bahwa di tahun 2023 masih tetap ada bantuan sosial (bansos) PKH, program sembako, dan subsidi listrik serta subsidi LPG 3 Kg.

Terkait penerimaan PKH dibawah umur 40 tahun, Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini akan menghapus penerima PKH dan BPNT dibawah umur 40 tahun.

Mensos Risma akan menghapus data warga miskin yang memiliki usia dibawah 40 tahun dalam bantuan sosial atau bansos regular yakni bansos PKH dan BPNT.

Menteri Sosial menjelaskan jika para penerima PKH dan BPNT yang berusia dibawah 40 tahun akan diberi pelatihan bukan dalam bentuk uang.

Program yang dipersiapkan yakni pemberdayaan ekonomi bernama Program Kewirausahaan Sosial, yang diharapkan dapat menciptakan kemandirian ekonomi sehingga tidak tergantung pada bantuan pemerintah.

Tetapi sampai saat ini belum ada petunjuk resmi dari pemerintah pusat.***

Artikel ini telah tayang di ayojakarta.com dengan judul Mohon Maaf, Tahun 2023 Penerima Bansos Hanya Golongan Ini Saja, Info Lengkapnya Cek di Sini

Comments


EmoticonEmoticon