BLT Dana Desa 2023 Kapan Cair Tanggal Berapa? Aturan Baru Dapat Lebih dari Rp900 Ribu

NKRIku.com – Bantuan sosial BLT dana desa 2023 kapan cair tanggal berapa? aturan baru dapat lebih dari Rp900 ribu.

Pertanyaan BLT Dana Desa 2023 kapan cair tanggal berapa banyak ditanyakan masyarakat. Semakin banyak warga merasa resah menunggu-nunggu hilal pencairan BLT Dana Desa.

BLT Dana Desa 2023 menjadi salah satu program bansos yang dilanjutkan di tahun 2023. Hanya saja, program ini mengalami sedikit modifikasi.

Para penerima BLT Dana Desa 2023 bukan lagi masyarakat kurang mampu atau fakir miskin, melainkan masyarakat yang masuk golongan kemiskinan ekstrem.

Lantas, BLT Dana Desa 2023 kapan cair tanggal berapa ya?

Aturan BLT Dana Desa 2023 Terbaru

Pada tahun 2023 ini, para penerima BLT Dana Desa 2023 diperbolehkan menerima bansos lain dari pemerintah, selain PKH. Hal ini tentu berbeda dengan tahun lalu di mana penerima dilarang menerima bansos lain selain BLT Dana Desa.

Itu artinya, para penerima BLT Dana Desa 2023 berkesempatan mendapatkan bantuan lebih dari Rp 900 ribu per tiga bulan.

Modifikasi aturan BLT Dana Desa 2023 dilakukan karena landasan penyaluran bansos ini sudah berubah. Kini tidak lagi untuk percepatan stabilitas ekonomi di masa pandemi Covid-19, namun percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Makanya, penerima BLT Dana Desa 2023 yang dialokasikan 40 persen dari pagu Dana Desa ini diprioritaskan untuk mereka yang masuk kelompok kemiskinan ekstrem.

Jika di sebuah desa tidak ada kelompok kemiskinan ekstrm, barulah penerima BLT Dana Desa 2023 diberikan kepada keluarga yang kehilangan mata pencaharian, memiliki anggota keluarga rentan sakit menahun atau kronis dan anggota rumah tangga tunggal lansia serta difabel.

Pencairan BLT Dana Desa 2023

Besaran bantuan BLT Dana Desa 2023 sebesar Rp 300 ribu perbulan. Pencairannya bisa dilakukan setiap sebulan sekali atau dirangkap per tiga bulan sekali sehingga mendapatkan Rp 900 ribu sekali pencairan.

Untuk mengetahui BLT Dana Desa 2023 kapan cair tanggal berapa, penerima harus mendatangi kantor desa setempat. Sebab jadwal pencairan BLT Dana Desa di tiap desa akan berbeda dengan desa-desa lainnya.

Hal ini berkaitan dengan kebijakan di masing-masing desa yang ada. Perangkat desa diberikan kelonggaran oleh pemerintah pusat untuk menentukan sendiri apakah pencairan dilakukan setiap sebulan sekali atau per tiga bulan sekali.

Bisa saja dalam pencairannya nanti BLT Dana Desa 2023 akan digabung dengan pencairan bansos lainnya, seperti BPNT 2023.

Seperti diketahui, BPNT adalah bansos yang ikut diperpanjang penyalurannya di tahun 2023 ini. Jadwal pencairannya biasanya dirangkap tiga bulan sekali dengan nominal yang didapat Rp 600 ribu per tiga bulan atau sebesar Rp 200 ribu per bulannya.

Itulah penjelasan lengkap untuk menjawab pertanyaan BLT Dana Desa 2023 kapan cair tanggal berapa bulan Januari 2023.***

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul BLT Dana Desa 2023 Kapan Cair Tanggal Berapa? Aturan Baru Dapat Lebih dari Rp900 Ribu

Comments


EmoticonEmoticon