INFO PENTING! Kapan BPNT 2023 Cair? Pencairan Barengan PKH Tahap 1 Dapat Rp 3,6 Juta

NKRIku.com – Sudah akhir Februari tapi kenapa bansos 2023 belum cair juga? Masyarakat penerima bantuan juga semakin bertanya-tanya kapan BPNT 2023 cair.

Nah, bagi Anda penerima BPNT yang terdaftar di situs cekbansos.kemensos.go.id ada kabar gembira nih. Bansos BPNT 2023 senilai Rp 600 ribu bisa cair besok dengan mengikuti persyaratan yang ada.

Sementara, penerima PKH bisa mendapatkan bantuan mencapai Rp 3 juta. Kedua bantuan ini akan cair berbarengan.

Pencairan bansos 2023 termasuk BPNT memang ada keterlambatan. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Plt Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos, Robben Rico belum lama ini.

Ia menyebut seharusnya bansos sudah cair di pekan ketiga atau keempat Februari, namun karena ada agenda Uji Petik maka pencairan diundur.

“Seharusnya minggu ketiga atau keempat ini (pencairan bansos 2023), tapi saya sudah laporan ke bu menteri diundur sedikit,” kata Robben diambil dari kanal YouTube Diary bansos pada 25 Februari 2023.

Akun Instagram resmi Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos menjelaskan agenda Uji Petik ini dilakukan oleh BPK dan berlangsung dari tanggal 12 hingga 21 Februari 2023.

Selama tanggal itu, seluruh tim Kemensos dan stakeholder yakni bank himbara dan Kantor Pos sibuk mengumpulkan data pendukung agar agenda berjalan sukses.

Saat ini agenda Uji Petik sudah selesai. Tanda-tanda bansos cair juga sudah nampak di situs SIKS-NG yang dipegang oleh pendamping PKH dan operator di dinas.

Tanda bansos cair yang muncul adalah keluarnya daftar nama penerima bansos resmi dan munculnya nama status lembaga salur bansos.

Lalu kapan BPNT 2023 cair? Anda harus bersabar dulu menunggu jadwal pencairan resmi dari Kemensos.

Perlu diketahui Anda bisa mencairkan BPNT Rp 600 ribu besok apabila telah memenuhi syarat. Syaratnya adalah sudah mendapatkan surat undangan pencairan, membawa KTP dan datang mencairkan tanpa diwakilkan.

Apabila Anda memenuhi syarat tersebut, Anda bisa langsung mencairkan dana bansos BPNT Rp 600 ribu besok.

Sebelum itu, pastikan nama Anda masih terdaftar sebagai penerima bansos dengan cara cek di situs cekbansos.kemensos.go.id. Selanjutnya masukkan alamat, nama lengkap sesuai KTP dan kode captcha berisi huruf acak.

Situs Cek Bansos akan menampilkan status penerima bansos, daftar bansos yang akan diterima hingga tahapan penyaluran sudah sampai mana.

Kembali mengingatkan memeriksa status penerima itu sangat penting, karena Kemensos gencar melakukan pembersihan data penerima.

Di awal 2023 ini Menteri Sosial Tri Rismaharini sudah mencoret lebih dari 10 ribu data penerima bansos karena dianggap sudah tidak layak.

Makanya Anda harus cek berkala apakah masih menjadi penerima atau tidak. Sebab tidak ada jaminan di periode lalu Anda menjadi penerima, namun bisa saja di periode selanjutnya nama Anda dicoret dari DTKS sehingga tidak dapat bansos 2023.

Demikianlah informasi kapan BPNT 2023 cair dan jadwal pencairan barengan bersama PKH tahap 1. Update informasi pencarian dan status penerima di situs cekbansos.kemensos.go.id. (***)

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul Kapan BPNT 2023 Cair? Pencairan Barengan dengan PKH Tahap 1 Dapat Rp 3,6 Juta

Comments


EmoticonEmoticon