AWAS KETINGGALAN! BLT Dana Desa 2023 dan BLT Kemiskinan Ekstrem 2023 Segera Cair

NKRIku.com – Berikut ini penjelasan BLT Dana Desa 2023 dan BLT Kemiskinan Ekstrem 2023 cair. Warga berhak tanya ke kecamatan.

Ada aturan terbaru soal pencairan BLT Dana Desa 2023 dan BLT Kemiskinan Ekstrem 2023, di mana masyarakat bisa dapat Rp 900 ribu langsung.

Pencairan BLT Dana Desa memang paling ditunggu-tunggu masyarakat. Tak heran banyak sekali yang bertanya kapan bansos ini cair lagi di tahun 2023.

Namun, perlu diketahui bahwa BLT Dana Desa di tahun 2023 ini dimodifikasi, lebih tepatnya ganti program.

Modifikasi ini dilakukan karena landaran penyaluran sudah berubah, dari percepatan stabilitas ekonomi di masa pandemi Covid-19 menjadi percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di Indonesia.

“Di tahun 2023 narasi yang mendasari BLT adalah percepatan penuntasan kemiskinan ekstrem,” kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar belum lama ini.

Para penerima BLT Dana Desa bukan lagi masyarakat miskin, tetapi lebih spesifik lagi yaitu masyarakat golongan kemiskinan ekstrem.

Bantuan ini juga berganti nama dari BLT Dana Desa menjadi BLT Kemiskinan Ekstrem 2023 dengan menggunakan alokasi anggaran maksimal 25 persen dari pagu Dana Desa.

Selain itu, jika tahun lalu penerima BLT Dana Desa tidak boleh mendapatkan bansos lainnya, di tahun ini penerima BLT Kemiskinan Ekstrem berhak dapat bansos lain.

Itu artinya, para penerima BLT Dana Desa 2023 memiliki kesempatan untuk mendapatkan bantuan lebih dari Rp 900 ribu per tiga bulan.

Lalu kapan BLT Dana Desa alias BLT Kemiskinan Ekstrem cair lain di tahun 2023? Pencairan bantuan ini bisa berbeda-beda di setiap wilayah.

Penyebabnya karena masing-masing desa memiliki kebijakan tersendiri terkait pencairan BLT Dana Desa. Pemerintah pusat memberikan keleluasaan kepada tingkat desa untuk mencairkan bansos ini, bisa tiap bulan atau per tiga bulan sekali.

Jika BLT Dana Desa dicairkan tiap bulan, maka penerimanya akan mendapatkan bansos sebesar Rp 300 ribu. Apabila dicairkan tiga bulan sekali maka besaran yang diterima adalah Rp 900 ribu.

Kemungkinan lainnya bisa saja penyaluran bansos BLT Dana Desa ini dicairkan berbarengan dengan bansos lainnya seperti BPNT dan PKH tahap 1.

Salah satu wilayah yang sudah mencairkan BLT Dana Desa 2023 adalah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Di tahun 2023 ini, jumlah padu Dana Desa mencapai Rp 350 miliar.

Pencairan BLT Dana Desa triwulan pertama sebanyak 278 desa dengan nominal Rp 8 miliar dan dibagikan ke 9.109 keluarga penerima manfaat.

Demikian penjelasan BLT Dana Desa 2023 dan BLT Kemiskinan Ekstrem 2023.(***)

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul BLT Dana Desa 2023 dan BLT Kemiskinan Ekstrem 2023 Segera Cair, Warga Berhak Tanya ke Kecamatan

Comments


EmoticonEmoticon