ALHAMDULILLAH! Daftar Nama Penerima Bansos PKH Tahap 1 2023 Sudah Keluar di Link Ini

NKRIku.com – Masyarakat penerima bansos 2023 yang menunggu-nunggu PKH tahap 1 2023 cair segera merapat! Daftar nama penerima bantuan sosial sudah keluar.

Untuk memastikan apakah Anda termasuk dalam daftar nama tersebut, Anda bisa segera cek di situs cekbansos.kemensos.go.id sekarang juga.

Disadur dari kanal YouTube Diary Bansos pada 22 Februari 2023, keluarnya daftar nama penerima bansos 2023 ini menjadi ciri-ciri bahwa PKH tahap 1 2023 akan cair dalam waktu dekat ini.

Daftar nama penerima PKH tahap 1 2023 sudah keluar melalui aplikasi SIKS-NG. Aplikasi SIKS-NG atau Sistem Kesejahteraan Sosial-Next Generation merupakan aplikasi nasional berisi data penerima semua jenis bantuan dari pemerintah.

Aplikasi ini hanya bisa diakses oleh pendamping sosial, operator desa dan supervisor di Dinas Sosial tingkat kabupaten atau kota.

Anda juga bisa memeriksa daftar nama penerima melalui situs cekbansos.kemensos.go.id dengan mengikuti panduan di bawah ini.

  1. Buka situs cekbansos.kemensos.go.id
  2. Tulis alamat lengkap dengan mengisi kolom nama provinsi, kota/kabupaten, kecamatan dan kelurahan/desa
  3. Tulis nama lengkap sesuai KTP
  4. Masukkan kode unik di kolom kode captcha
  5. Pilih ‘Cari Data’

Situs Cek Bansos akan menampilkan daftar nama penerima bansos 2023, status penerima, nama bansos yang diterima hingga tahapan penyaluran sudah sampai mana.

Terkait penyaluran PKH tahap 1 2023 melalui apa, ada bocoran dari aplikasi SIKS-NG. Dalam aplikasi tersebut sudah muncul bahwa bansos akan disalurkan melalui bank himbara Mandiri.

“Alhamdulillah ada salah satu KPM pkh tahap 1 dengan status pihak penyalurnya adalah bank himbara, dalam hal ini bank Mandiri,” ujar Lutfi dalam video YouTubenya.

Oleh karenanya, para penerima PKH tahap 1 2023 harus segera mempersiapkan KKS atau ATM Merah Putih dan mengingat kembali pin Anda agar bisa mengambil bansos yang dimasukkan ke rekening tersebut.

Namun perlu dicatat, status lembaga penyalur di aplikasi SIKS-NG masih bersifat sementara dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Kemensos juga belum memberikan pengumuman resmi, apakah semua penerima PKH di Indonesia akan mendapatkan bansos melalui bank himbara atau ada yang mendapatkan melalui Kantor Pos.

Berdasarkan pola penyaluran PKH di periode-periode sebelumnya, biasanya ada sebagian wilayah yang pencairannya melalui bank himbara dan sebagian wilayah lainnya melalui Kantor Pos.

Para penerima PKH diimbau untuk bersabar menunggu informasi resmi dari pendamping sosial dan Kemensos mengenai lembaga penyalur hingga jadwal pasti pencairan.

Demikian informasi terbaru soal daftar nama penerima PKH tahap 1 2023 yang sudah keluar, Anda bisa cek di situs cekbansos.kemensos.go.id.(***)

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul Alhamdulillah! Daftar Nama Penerima Bansos PKH Tahap 1 2023 Sudah Keluar di Cekbansos.kemensos.go.id

Comments


EmoticonEmoticon