INFO PENTING! PKH 2023 Kapan Cair Wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur? Cek Daftar Nama Penerima

NKRIku.com – Halo penerima PKH, ada info pencairan bansos 2023 untuk wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur nih.

Segera periksa situs cekbansos.kemensos.go.id untuk mengetahui progres penyaluran bantuan untuk wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur.

Berdasarkan pengalaman pencairan PKH pada periode-periode yang lalu, PKH cair di pertengahan atau akhir periode. Misalnya untuk periode Oktober-Desember 2022 lalu dana cair di awal bulan Desember alias akhir periode.

Nah, bagaimana dengan untuk wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur apakah PKH 2023.

Kementerian Sosial telah melakukan pencairan bansos PKH tahap 1 2023 secara simbolis di dua daerah. Artinya di dua daerah ini menjadi daerah yang lebih dulu pencairannya dibandingkan daerah lain.

PKH 2023 Kapan Cair Wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur
Kedua daerah yang dimaksud adalah Kota Tarakan dan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Kedua daerah ini terpilih menjadi wilayah pencairan PKH tahap 1 2023 secara simbolis.

Itu artinya, hanya dua daerah itu saja yang didahulukan pencairannya sementara daerah lain termasuk Jawa Timur belum dicairkan.

Hanya ada beberapa keluarga penerima manfaat terpilih di dua daerah yang disebutkan di atas yang sudah mendapatkan dana PKH 2023, sementara daerah lainnya belum cair menunggu jadwal pencairan nasional.

Merujuk pada akun Instgram resmi Ditjen Linjamsos Kemensos, PKH yang disalurkan di Kalimantan Utara ada sebanyak Rp. 54.307.250.000 dan bansos Atensi untuk penyandang disabilitas senilai Rp 150.688.182.

Bagaimana dengan nasib wilayah lain termasuk Jawa Timur, PKH 2023 kapan cair di wilayah lainnya? Hingga saat ini belum ada informasi resmi terkait jadwal resmi pencairan bantuan PKH di seluruh Indonesia.

Para penerima PKH di wilayah Jawa Timur dan wilayah lainnya diharapkan bersabar. Anda bisa menghubungi pendamping PKH di wilayah Anda untuk mengetahui tahapan penyaluran bantuan sudah sampai mana.

Selain itu, Anda juga bisa cek nama penerima bansos PKH 2023 melalui situs cekbansos.kemensos.go.id. Di situs tersebut akan ditampilkan status penyaluran sudah sampai tahap apa.

Pastikan Anda melakukan cek status penerima bansos 2023 secara berkala untuk memastikan Anda masih menjadi penerima bantuan. Sebab, Kemensos rutin melakukan pembersihan data sebulan sekali.

Pembersihan data alias cleansing data ini dilakukan untuk memastikan data penerima bantuan akurat, mereka yang terdaftar memang benar-benar keluarga miskin yang membutuhkan bansos dari pemerintah.

Data terbaru dari Kemensos ada sebanyak 10.249 KPM yang dicoret dari DTKS. Selanjutnya nama-nama tersebut tidak bisa mendapatkan bansos dari pemerintah lagi.

Nama-nama tersebut dihapus karena dianggap sudah tidak layak mendapatkan bansos. Bahkan ada penerima yang tercatat menjadi direksi perusahaan.

“Silakan kalau mau komplain ke kita, kita akan melakukan evaluasi,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Bagaimana cara cek penerima bansos PKH 2023? Anda cukup buka situs cekbansos.kemensos.go.id lalu isilah nama dan alamat sesuai KTP.

Jangan lupa mengisi kode unik yang tersedia pada kolom di situs tersebut, kemudian klik ‘Cari Data’. Jika Anda terdaftar sebagai penerima maka akan muncul keterangan jenis bansos apa yang didapat hingga progres penyaluran bansos sudah sampai di tahap apa.

Tetapi jika Anda dicoret dari DTKS, maka akan muncul pemberitahuan bahwa nama Anda tidak terdaftar sebagai penerima manfaat.

Demikian penjelasan lengkap untuk menjawab pertanyaan PKH 2023 kapan cair untuk wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur lengkap dengan cara cek penerima bansos di cekbansos.kemensos.go.id.(***)

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul PKH 2023 Kapan Cair Wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur? Cek Daftar Nama Penerima

Comments


EmoticonEmoticon