PANTAS SAJA! Ini 3 Berkas Penting Untuk Cairkan PKH dan BPNT di Kantor Pos, Cek Segera

NKRIku.com – Ada tiga berkas penting yang harus disiapkan untuk mencairkan bansos PKH dan BPNT di Kantor Pos.

Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non tunai (BPNT) merupakan salah satu skema bantuan sosial dalam program perlindungan sosial (Perlinsos).

PKH dan BPNT ini akan diberikan kepada masyarakat yang yang termasuk kedalam keluarga penerima manfaat (KPM).

Kemensos sendiri telah memastikan bahwa bantuan tersebut akan diberikan pada sejumlah KPM yang telah terdaftar.

Disebutkan bahwa target penerima bantuan PKH dan BPNT sendiri mencapai 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Bansos itu akan dicairkan dalam empat tahap dan tahap pertamanya dijadwalkan akan cair di bulan Januari hingga Maret, bantuan tahap kedua akan dicairkan pada bulan April, Mei dan Juni.

Bantuan tahap tiga dan empat akan dicairkan pada bulan Juli, Agustus ,September untuk tahap tiga dan untuk tahap empat akan dicairkan pada bulan Oktober , November dan Desember.

Bantuan Kemensos yang direncanakan akan cair pada Februari ini merupakan pencairan tahap pertama di tahun 2023.

Meskipun belum ada tanggal pasti akan mencairkan bantuan tersebut, akan dipastikan bahwa dana bansos PKH dan BPNT akan disalurkan dalam waktu dekat .

Sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh Kemensos bahwa tempat yang akan dilakukan sebagai penyaluran bantuan ini dapat dicairkan melalui berbagai cara seperti bank yang bergabung dalam Himbara dan melalui PT Pos Indonesia.

Sejumlah bank yang tergabung dalam Himbara dan masuk ke dalam penyaluran bantuan itu sendiri yaitu bank Mandiri, BRI, BNI, dan BNI.

Jika KPM akan menggunakan layanan PT Pos Indonesia, KPM harus menyiapkan berbagai berkas untuk mendapatkan bantuan PKH dan BPNT yang akan cair pada bulan Februari ini.

Berbagai berkas tersebut nantinya harus dibawa ke kantor pos terdekat karena akan menjadi syarat untuk mengambil bantuan PKH dan BPNT di PT Pos Indonesia.

Sejumlah berkas yang nantinya akan menjadi syarat pengambilan bantuan di antara lain

  1. Membawa Kartu Tanda penduduk

Baca Juga: INGAT! 3 Dokumen yang Dibutuhkan untuk Pencairan PKH dan BPNT Tahap 1di PT Pos Indonesia

Para KPM harus menyiapkan kartu tanda pengenal seperti KTP dalam bentuk asli.

  1. Surat undangan

Surat ini akan diberikan oleh pihak PT Pos Indonesia untuk para KPM melalui desanya masing- masing.

Namun jangan khawatir, bagi para KPM yang tidak mendapat pendistribusian surat undangan ini tetap bisa mencairkan bantuan dengan catatan nama KPM masih tercantum data bayar pencairan bantuan.

  1. Membawa kartu keluarga

Kartu Keluarga ini merupakan berkas tambahan yang harus dibawa jika KPM tidak bisa hadir atau berhalangan dan pengambilan bantuannya diwakilkan oleh anggota keluarga yang tercatat dalam kartu keluarga.

Sebelum Anda mencairan bantuan tersebut, anda harus memastikan bahwa anda terdaftar dalam data penerima bantuan .

Sedangkan daftar nama penerima bantuan PKH dan BPNT sendiri dapat anda pastikan dengan pengecekan melalui link resmi dari Kemensos.

Demikian informasi mengenai berkas- berkas yang harus anda siapkan sebagai syarat mengambil bantuan program PKH dan BPNT pada tahun 2023. (***)

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul Catat! Ini 3 Berkas Penting yang Harus Disiapkan untuk Cairkan PKH dan BPNT di Kantor Pos

Comments


EmoticonEmoticon