HOREE! PKH dan BPNT Tahap 1 2023 Cair melalui KKS, Ini Penjelasannya Ya!

NKRIku.com – Berikut ini akan dibahas mengenai bantuan sosial atau bansos yang diberikan oleh pemerintah yaitu bantuan PKH dan BPNT tahap 1 2023 cair melalui KKS.

Dilansir melalui akun Youtube LISVIKA CHANNEL yang mengatakan bahwa bantuan sosial atau bansos PKH dan BPNT tahap 1 sudah cair di beberapa daerah di Indonesia.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial mengubah aturan bantuan sosial atau bansos jenis PKH dan BPNT tahap 1 tahun 2023 periode Januari hingga Maret.

Kementerian Sosial dalam surat resminya menerbitkan aturan baru bahwa bantuan sosial atau bansos PKH dan BPNT tahun 2023 untuk tiga bulan pertama di Januari hingga Maret akan cair melalui KKS.

Diinformasikan juga bahwa penyaluran dana bantuan tersebut melalui Bank Himbara yaitu BRI, BNI, BTN, Bank Mandiri, dan khusus daerah Aceh akan disalurkan melalui Bank Syariah Indonesia atau BSI.

Selain itu, bantuan sosial atau bansos PKH dan BPNT tahap 1 2023 akan disalurkan melalui PT POS ke 83 daerah Kabupaten atau Kota.

Sedangkan penyaluran bansos PKH dan BPNT tahap 1 2023 akan disalurkan melalui KKS ke 431 daerah Kabupaten atau Kota.

Kementerian Sosial melalui Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial menyampaikan akan ada bantuan sebesar Rp 600 ribu untuk alokasi BPNT di tiga bulan pertama yaitu bulan Januari, Februari, dan Maret.

Hal tersebut berdasarkan keputusan hasil kerja bersama pihak Kementerian Sosial dan Komisi 7 DPR RI.

Perubahan mekanisme mengenai bansos dibuat agar bantuan tersalurkan dengan benar kepada masyarakat penerima bantuan tersebut.

Dengan adanya aturan terbaru mengenai bantuan sosial atau bansos, Menteri Sosial yaitu Tri Rismaharini menyampaikan mengenai penyaluran bantuan sosial PKH dan BPNT tidak lagi menggunakan skema e-warung.

Hal ini merujuk pada Peraturan Presiden nomor 63 tahun 2017, jadi penarikan bantuan sosial atau bansos diperbolehkan untuk menarik tunai atau barang,

Kemudian, perubahan mengenai pola penyaluran bansos ini disambut oleh Kementerian BUMN mengenai dana bansos akan cair lebih cepat yang dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Untuk masyarakat yang termasuk di dalam 431 Kabupaten atau Kota untuk mempersiapkan KKS agar dana bantuan sosial atau bansos PKH atau BPNT tahap 1 2023 dapat segera dicairkan.

Sedangkan untuk masyarakat yang termasuk di dalam 83 Kabupaten atau Kota, maka dana bantuan sosial atau Bansos PKH dan BPNT tahap 1 akan disalurkan melalui PT POS.

Perlu diketahui, bahwa pemerintah akan menyalurkan dana bantuan sosial BPNT untuk para penerima manfaat sebanyak 18,8 juta dan untuk bantuan PKH sebanyak 10 juta keluarga penerima manfaat atau KPM.

Nah itu dia informasi mengenai bantuan sosial atau bansos yang akan cair di bulan Maret 2023 yaitu bansos PKH dan BPNT tahap 1 2023.(***)

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul Hore! PKH dan BPNT Tahap 1 2023 Cair melalui KKS, Simak Penjelasannya Ya!

Comments


EmoticonEmoticon