ALHAMDULILLAH! Jelang Idul Fitri 2023, 2 BLT Ini Dipastikan Cair Rp600 Ribu, Cek Sekarang

NKRIku.com – Jelang Idul Fitri 2023, 2 jenis Bantuan sosial (Bansos) BLT dipastikan cair.

Saat menyambut ramadan beberapa waktu lalu, beberapa Bansos sudah dicairkan di sejumlah daerah.

Nah, saat menjelang lebaran hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah 2023 nanti, giliran 2 jenis Bansos program Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah akan dicairkan.

Apa saja 2 jenis Bansos BLT yang akan disalurkan sebelum Hari Raya Idul Fitri nanti?

dua Bansos BLT ini adalah, bantuan permakan Lansia dan bantuan Yatim Piatu (Yapi).

Diketahui, kedua Bansos tersebut dikabarkan masih akan menyasar beberapa penerima yang sebelumnya sudah masuk di dalam DTKS dan juga telah ditetapkan sebagai penerima sejak akhir Desember 2022 lalu.

Untuk Bansos BLT permakan lansia, pemerintah melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia (KemensosRI) tetap akan menyalurkannya kepada lansia tunggal.

Ini setelah dibuktikan, dengan menyertakan identitas Kartu Keluarga Tunggal (KK).

Adapun syarat tambahannya yakni, Lansia sebagai penerima bantuan, harus memiliki KTP yang sudah online, hingga bukan merupakan pensiunan PNS/BUMN.

Kemudian, penerima tadi sudah berasal/terdaftar dari data DTKS milik Pusdatin Kemensos dan mencapai usia minimal 70 tahun.

Serta, lebih diutamakan lagi untuk Lansia yang sedang mengalami sakit menahun dan tidak berpenghasilan.

Lansia yang ditetapkan sebagai penerima bantuan BLT, nantinya akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp21.000 per hari selama satu bulan, dengan total kurang lebih Rp600 ribu.

Dana bantuan tersebut dimaksudkan sebagai pemenuhan gizi melalui permakan Lansia.

Adapun teknisnya, uang permakan itu akan dikelola oleh Pokmas pada tingkatan desa ataupun kecamatan dengan dijadikan makanan yang bisa langsung disantap oleh lansia penerima Bansos permakan setiap harinya.

Anggota yang berasal dari warga desa ataupun kelurahan setempat yang sudah ditunjuk pada Pokmas tadi akan mendapatkan tugas memasak, mengantarkan makanan pada saat pagi hari.

Lalu, membuat laporan pertanggung jawaban dari dana yang telah digunakan dengan diketahui pihak terkait yaitu Camat dan Lurah/Kades.

Lantas apa Bansos BLT kedua yang akan disalurkan sebelum Idul Fitri 2023?

Yakni, Bansos BLT yatim piatu (Yapi). Yapi juga akan disalurkan kepada penerima Bansos, yang datanya sama dengan tahun lalu atau susah terdaftar di DTKS.

Mereka yang terdaftar sebagai penerima bantuan, terdiri dari para anak yatim piatu yang masuk dalam kategori usia sekolah akan mendapatkan BLT sebesar Rp200 ribu per bulan dan dicairkan sebesar Rp600 ribu.

Untuk mekanisme penyaluran dana Bansos BLT Yapi akan dibagi ke dalam dua cara.

Yakni, melalui bank untuk daerah mudah dan dengan melalui Kantor Pos untuk daerah akses sulit.

Untuk mengetahui apakah nama Anda susah masuk kedalam daftar penerima Bansos permakan lansia, dan yatim piatu (Yapi).

Anda bisa langsung mengeceknya di website resmi milik Kemensos dengan mengklik www.cekbansos.go.id.

Jika Anda sudah membuat akun, nantinya Anda hanya tinggal masuk saja. Bila belum membuat akun, segera untuk melakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor NIK dan juga KK yang kamu miliki.

Cara lain yang, bisa Anda lakukan adalah dengan melalui aplikasi usul-sanggah yang ada di Playstore.

Untuk diketahui, tujuan dari pemerintah mengadakan penyaluran Bansos ini, dalam pemberian stimulus berupa bantuan kepada lansia dan anak yatim piatu.

Kedua jenis kelompok masyarakat tersebut tidak lepas dari perhatian lebih pemerintah.

Sekaligus sebagai wujud, negara masih hadir di tengah masyarakat membantu mengentaskan masalah kesejahteraan dan juga masalah sosial lainnya.

Itulah dua jenis Bansos BLT, yang akan dicairkan menjelang hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah atau 2023.(***)

Artikel ini telah tayang di rakyatbengkulu.disway.id dengan judul Alhamdulillah! Jelang Idul Fitri 2023, 2 Bansos BLT Ini Dipastikan Cair Rp600 Ribu, Bisa Dicek Sekarang

Comments


EmoticonEmoticon