KABAR BAHAGIA! BPNT 2023 Cair Lagi April di Tanggal Ini, Uang Tunai Rp200 Ribu Diambil di Sini

NKRIku.com – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 2023 diperkirakan cair kembali April, ambil bantuan senilai Rp200.000 di sini.

Pemerintah dikabarkan masih terus menyalurkan BPNT dan sejumlah bansos lainnya di bulan April ini kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, penyaluran BPNT ini dilakukan setiap bulan oleh pemerintah dengan nominal sebesar Rp200.000.

Dalam satu tahun, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima BPNT ini total senilai Rp2,4 juta.

Di bulan Maret kemarin, pemerintah merapelkan penyaluran BPNT periode Januari-Februari, sehingga KPM yang memenuhi syarat telah mendapatkan bantuan ini sebesar Rp400.000.

Di bulan April ini, masyarakat akan kembali mendapatkan BPNT yang diperkirakan cair sebesar Rp200.000 hingga akhir bulan nanti.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) mengatakan bahwa penyaluran BPNT di tahun ini dilakukan di Kantor Pos dan juga Bank Himbara, seperti Bank BRI, BNI, BTN, dan Mandiri.

Sebelumnya, BPNT ini bisa masyarakat dapatkan di e-warong terdekat, seperti agen bank dan pedagang-pedagang yang bekerja sama dengan pihak bank penyalur bansos ini.

Adapun BPNT yang cair di e-warong berupa saldo Kartu Sembako senilai Rp200.000 yang hanya dapat dicairkan kembali menjadi berbagai jenis sembako.

Namun, di tahun ini pemerintah memastikan masyarakat akan mendapatkan BPNT yang cair dalam bentuk uang tunai.

Bagi masyarakat yang berada di daerah terpencil dan kesulitan menjangkau Bank Himbara, pencairan BPNT dapat dilakukan dengan mendatangi Kantor Pos.

Terdapat tiga metode yang dilakukan Kantor Pos selama proses penyaluran BPNT. Pertama, Kantor Pos membagi waktu pencairan menjadi sesi pagi dan sesi sore.

Masyarakat bisa mengambil BPNT ini langsung di Kantor Pos sesuai dengan jadwal yang telah diberitahukan sebelumnya.

Berikutnya, Kantor Pos menyalurkan BPNT kepada masyarakat melalui RT/RW, kantor desa/kelurahan, atau kelompok masyarakat yang telah ditetapkan Kantor Pos.

Terakhir, Kantor Pos menyalurkan BPNT dengan mendatangi langsung rumah KPM. Metode ini khusus bagi golongan masyarakat lanjut usia (lansia) dan juga penyandang disabilitas agar memudahkan untuk mendapatkan bantuan ini.

Perlu diketahui, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan BPNT diwajibkan untuk terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos terlebih dahulu.

DTKS Kemensos ini merupakan data milik pemerintah yang mencakup nama-nama masyarakat yang berhak menerima BPNT maupun bansos lainnya.

Masyarakat yang telah terdaftar di DTKS Kemensos akan mendapatkan Kartu Sembako untuk mencairkan BPNT di Kantor Pos maupun Bank Himbara.

Kartu Sembako ini merupakan salah satu dokumen penting yang wajib masyarakat bawa saat pengambilan BPNT selain KTP, KK, dan surat undangan.

Masyarakat juga perlu memastikan ulang apakah telah berstatus sebagai penerima BPNT di tahun ini atau tidak dengan melakukan cek nama penerima BPNT secara online melalui link cekbansos.kemensos.go.id.

Cara cek nama penerima BPNT di link cekbansos.kemensos.go.id

  • Siapkan KTP, lalu akses link cekbansos.kemensos.go.id.
  • Isi data wilayah tempat tinggal KPM dan juga nama lengkap sesuai dengan data yang tercantum pada KTP.
  • Ketik ulang kode verifikasi captcha pada kotak pengisian kode yang telah disediakan.
  • Apabila seluruh data dan kode verifikasi telah sesuai, kirimkan data dengan klik ‘CARI DATA’.

Sistem akan segera mengirimkan notifikasi yang menyatakan apakah KPM telah berstatsus sebagai penerima BPNT atau tidak.***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul BPNT 2023 Cair Lagi April di Tanggal Berikut, Uang Tunai Rp200.000 Bisa Diambil di Sini

Comments


EmoticonEmoticon