KABAR GEMBIRA! Ini 7 Bansos Cair di Bulan Mei 2023 yang Akan Diterima oleh KPM

 NKRIku.com - Bansos merupakan bantuan sosial yang diberikan pemerintah untuk masyarakat guna membantu dalam memenuhi kebutuhan.

Terdapat beberapa bansos yang akan segera turun atau cair, artikel ini akan membagikan 7 bansos yang cair di bulan Mei 2023 ini.

Bansos yang cair pada bulan Mei 2023 ini terdiri dari bantuan berupa sembako sampai uang tunai, tentu bantuan ini sangat ditunggu oleh Keluarga Penerima Manfaat atau disingkat KPM.

Tentunya pencairan bansos kepada KPM ini sesuai peraturan, persyaratan, dan prosedur yang berlaku. Untuk lebih lengkapnya berikut di bawah ini adalah tujuh bansos yang cair di bulan Mei 2023.

  1. BLT Kemiskinan Ekstrem

Awalnya bantuan BLT kemiskinan ekstrem ini dikenal dengan sebutan bantuan BLT Dana Desa, tetapi sekarang sudah diganti.

Bantuan ini ditujukan atau diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) dengan tujuan untuk mengatasi kondisi ekonomi dari keluarga miskin ekstrem.

  1. Bansos Prakerja

Bantuan selanjutnya adalah kartu prakerja, bantuan ini merupakan program dari pemerintah untuk membantu dan ikut mengembangkan kompetensi dari anak muda atau para pencari kerja, baik yang umum atau yang terkena PHK.

Perlu diketahui jika bantuan kartu prakerja ini terdiri dari insentif biaya untuk pelatihan sebesar Rp3.500.000, insentif mencari kerja Rp600.000 satu kali dan insentif pengisian survey Rp50.000 yang diberikan dua kali.

  1. Bansos Program Indonesia Pintar (PIP)

Program Indonesia Pintar ini diberikan kepada para pelajar yang mempunyai kesulitan ekonomi dalam pembiayaan pendidikan.

Bantuan sosial ini sudah mulai dicairkan sejak April 2023 sampai 30 Mei 2023.

Diketahui bahwa bantuan yang diberikan mulai dari Rp450.000 hingga jutaan rupiah.

Bantuan tersebut akan disalurkan oleh Bank BRI untuk SD dan SMP, dan Bank BNI untuk SMA.

  1. Bansos Pangan

Bantuan pangan ini merupakan bantuan beras sebanyak 10 kg yang akan diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat atau KPM.

Bantuan pangan berbentuk beras ini akan diberikan selama tiga bulan mulai bulan Maret, April, dan Mei 2023.

Untuk alokasinya disesuaikan dengan jadwal, untuk alokasi bulan Maret dapat dicairkan di bulan April, alokasi bulan April dicairkan pada bulan Mei, dan alokasi bulan Mei dicairkan pada bulan Juni.

  1. Bansos PKH tahap 2

Bansos PKH ini tahap 2 ini sudah dicairkan mulai 27 April 2023. Bansos ini diberikan kepada KPM secara bertahap khusus pemegang KKS merah putih pada Bank BRI, BNI, Mandiri, dan BSI.

Bansos PKH tahap 2 ini akan segera dicairkan melalui kartu KKS dan kantor POS.

  1. Bansos BNPT triwulan 2

Bantuan sosial BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai ini akan dicairkan 1 sampai 31 Mei 2023, bantuan ini diberikan berbentuk bahan pangan atau uang mulai dari Rp200.000.

  1. Bansos Telur dan Daging Ayam

Bantuan ini berupa pemberian bahan pangan telur dan daging ayam, bertujuan untuk melakukan perbaikan gizi masyarakat yang tidak mampu dan keluarga rentan stunting di dalamnya terdiri dari ibu hamil dan anak usia dini yang sudah terdaftar di BKKBN atau Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Pencairan tahap ketiga dari bantuan ini mulai turun di awal bulan Mei ini.

Itulah tujuh bansos atau bantuan sosial yang cair di bulan Mei 2023 ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. ***

Artikel ini telah tayang di prsoloraya.pikiran-rakyat.com dengan judul KABAR GEMBIRA! Inilah 7 Bansos yang Cair di Bulan Mei 2023 yang Akan Diterima oleh KPM, Simak Selengkapnya!



Comments


EmoticonEmoticon