KABAR GEMBIRA!! Selamat Pemilik KTP Ini Dapat BLT Rp 750 Ribu Juli 2023, Ini Cara Cek Bansos Kemensos PKH Tahap 3 Kapan Cair

 Selamat pemilik KTP ini dapat BLT Rp 750 ribu Juli 2023, simak cara cek bansos Kemensos PKH tahap 3 kapan cair dengan login cekbansos.kemensos.go.id, di sini.


Kementerian Sosial (Kemensos) masih menyalurkan sejumlah bantuan langsung tunai (BLT) atau bantuan sosial (bansos) pada Juli 2023 mendatang. Salah satunya melalui program keluarga harapan (PKH).


bansos Kemensos PKH yang cair Juli 2023 ini merupakan proses penyaluran bantuan tahap 3 yang diberikan kepada 10 juta penerima pada tahun ini.




Melalui bansos Kemensos PKH ini, masyarakat atau pemilik KTP yang terdaftar sebagai penerima, bisa mendapatkan BLT hingga Rp 750 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM).


Namun tidak semua dari 10 juta penerima bansos Kemensos PKH tahap 3 yang mendapatkan BLT Rp 750 ribu yang cair Juli 2023 ini.


BLT Rp 750 ribu hanya diberikan kepada pemilik KTP dari golongan tertentu saja. Ada tujuh golongan atau kategori penerima bansos Kemensos PKH tahap 3 ini.


Masing-masing kategori penerima mendapatkan BLT dengan nominal yang berbeda, mulai dari Rp 900 ribu per tahun (Rp 225 ribu per pencairan) hingga Rp 3 juta per tahun (Rp 750 ribu per pencairan).


bansos Kemensos PKH ini cair dalam empat tahap selama setahun, masing-masing setiap tiga bulan sekali, melalui Himpunan Bank Negara (Himbara) atau Kantor Pos.


bansos Kemensos PKH tahap 3 akan cair pada Juli 2023 hingga September 2023 dengan nominal BLT paling tinggi Rp 750 ribu per orang.


Adapun pemilik KTP yang bisa dapat BLT Rp 750 ribu cair Juli 2023 ini adalah mereka yang berasal dari golongan ibu hamil/menyusui dan anak balita.


Sedangkan lima golongan lain yang akan menerima bansos Kemensos PKH tahap 3 beserta nominal BLT yang didapatkan pada Juli 2023 adalah sebagai berikut:


1. Orang tua lanjut usia (lansia): Rp 600 ribu


2. Penyandang difabilitas berat: Rp 600 ribu


3. Anak sekolah SD/sederajat: Rp 225 ribu


4. Anak sekolah SMP/sederajat: Rp 375 ribu


5. Anak sekolah SMA/sederajat: Rp 500 ribu.


Lantas, BLT Rp 750 ribu Juli 2023 atau bansos Kemensos PKH tahap 3 kapan cair atau tanggal berapa?


Masyarakat yang ingin mengetahui bansos Kemensos PKH tahap 3 ini kapan cair atau tanggal berapa, bisa login cekbansos.kemensos.go.id.


Selain bisa digunakan untuk cek bansos Kemensos PKH tahap 3, link cekbansos.kemensos.go.id juga bisa digunakan untuk mengetahui bantuan ini kapan cair.



Berikut cara cek bansos Kemensos PKH tahap 3 kapan cair dengan login cekbansos.kemensos.go.id:


1. Buka link cekbansos.kemensos.go.id lewat HP


2. Pilih nama provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan di kolom yang tersedia secara berurutan


3. Masukkan nama penerima (PM) sesuai KTP


4. Masukkan kode huruf yang muncul di layar


5. Klik tombol "Cari Data"



Setelah berhasil login cekbansos.kemensos.go.id, pemilik KTP akan mengetahui apakah mereka terdaftar sebagai penerima BLT Rp 750 ribu Juli 2023 atau tidak.


Para pemilik KTP juga bisa mengetahui apakah bantuan mereka sudah cair atau belum, melalui progres pencairan, status, dan keterangan lembaga mana yang menyalurkan bantuan pada tahap 3 ini.


Link cekbansos.kemensos.go.id juga menampilkan identitas pemilik KTP, lengkap dengan nama, umur, hingga alamat, serta jenis bantuan apa saja yang diterima.



Adapun syarat bagi pemilik KTP yang sedang hamil/menyusui bisa dapat BLT Rp 750 ribu Juli 2023 adalah berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin, terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dan bukan ASN, TNI, dan Polri.


Pemilik KTP yang merasa memenuhi syarat tpi tidak terdaftar sebagai penerima bansos Kemensos PKH tahap 3 bisa lapor ke kepala desa.


Mereka juga bisa daftar online jadi penerima BLT Rp 750 ribu cair Juli 2023 di aplikasi cek bansos Kemensos yang bisa di-download di Play Store.



Itulah pemilik KTP yang dapat BLT Rp 750 ribu Juli 2023 dan cara cek bansos Kemensos PKH tahap 3 kapan cair via login cekbansos.kemensos.go.id lewat HP, di sini.***

Comments


EmoticonEmoticon