KABAR GEMBIRA! Siswa SD, SMP dan SMA Bisa Dapat Dana Beasiswa Rp450 Ribu-Rp1 Juta! Segera Akses pip.kemdikbud.go.id

NKRIku.com – Apakah kalian mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP), memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan berstatus sebagai siswa SD, SMP dan SMA?

Jika iya, segera akses laman pip.kemdikbud.go.id, untuk cek daftar penerima PIP 2021 dari Kemendikbud Ristek dengan bantuan biaya beasiswa mencapai Rp450 ribu – Rp1 juta.

Simak juga langkah-langkah di bawah ini agar mempermudah kalian cek daftar penerima dana beasiswa PIP dengan menyiapkan NISN dan mengakses pip.kemdikbud.go.id.

Diketahui, pemerintah melalui Kemendikbud Ristek saat ini terus memberikan bantuan dana beasiswa atau dana pendidikan dalam program PIP di tahun 2021.

PIP ini adalah bantuan dana langsung tunai untuk membantu para murid/siswa/siswi jenjang SD, SMP dan SMA yang berasal dari keluarga miskin.

Berikut langkah-langkah cara cek daftar penerima dana beasiswa atau dana pendidikan PIP 2021 melalui laman pip.kemdikbud.go.id, dengan meyiapkan NISN:

  1. Para murid/siswa/siswi perlu menyiapkan NISN, tanggal lahir, dan nama ibu kandung untuk cek penerima Program Indonesia Pintar.
  2. Silahkan masuk ke laman pip.kemdikbud.go.id
  3. Setelah itu di halaman awal akan muncul “Cari Penerima PIP”
  4. Masukkan NISN, tanggal lahir, dan nama ibu kandung
  5. Klik tombol “Cari”
  6. Jika nama Anda muncul, maka kalian terdaftar sebagai penerima. Jika tidak, kalian bisa konfirmasi kepada pihak sekolah kalian.

Jika Anda menyimak keterangan di dalam situs Kemendikbud Ristek, proses pencairan PIP 2021 bisa dilakukan secara individual atau kolektif, ke bank yang ditunjuk pemerintah.

Syarat pencairannya, penerima PIP 2021 harus membawa Kartu Indonesia Pintar (KIP) ke bank penyalur.

Adapun pengambilan dana bantuan PIP 2021 secara kolektif dapat dikuasakan kepada kepala sekolah, ketua lembaga, bendahara sekolah, atau bendahara lembaga.

Bank penyalur yang mencairkan dana dari program ini yaitu Bank Nasional Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Diketahui, penerima PIP 2021 akan menerima BLT sebesar:

  1. Rp450.000 per tahun untuk jenjang SD/Paket A
  2. Rp750.000 per tahun untuk jenjang SMP/Paket B, dan
  3. Rp1.000.000 per tahun untuk jenjang SMA/SMK/Paket C/Kursus. ***
Comments


EmoticonEmoticon